TIPS MOTOR BIAR LARI CEPET
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator
,kemarin gw telah beri ulasan di tips korek mesin yang gw buat,tetapi gw belum
kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar diatas saya beri nomor urut 1
sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan
ukuran standar bawaan motor,di blog gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi
kenceng bisa maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan
ukuran yang lebih besar ,tapi gw saranin buat motor yang benar-benar standar lo
naikin spuyer jangan terlalu besar minimal lo naikin 5 sampai maksimal 10,tapi
kalo lo mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu lo,biasanya ada
batasan buat ngelemer karbu lo,gw saranin lo lemer 1,5 sampai 2mm,itu juga ga
bisa lo kerjain sendiri lo musti singgah ke tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and lo
anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu lo gak bisa
di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada lemeran lo itu
berakibat motor lo susah di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi
gw saranin buat pemula lo cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan
bisa di balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :
Di atas lo bisa liat, itu yang di
namain CDI atau banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali
lagi gw minta maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut gw ambil
dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang
susah.
Buat yang satu ini gw gak bisa
ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran gw CDI atau perangkat
pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi
kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor lo alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan
keluarnya ,lo liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI
standar pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya
perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita tidak bisa
geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan
Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada
disamping gambar CDI standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya
rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu gw saranin ma kalian
jangan main-main sama perangkat yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI
yang standar ama yang RACING kalo lo mau ngedapetin rpm yang
maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang di jual di TOKO AKSESORIES,tapi gw
punya temen yang bisa ngatasin masalah lo sama perangkat pengapian ini,karna
temen gw ini bisa bikin CDI standar jadi CDI racing,kalo lo penasaran lo bisa kontak
temen gw ini,atau lo bisa langsung datang ke markas CCMS di daerah
pedurenan Jakarta selatan,atau lo kontak (021 95439940) AMBONK.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS
atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN AS ini berfungsi untuk mengatur
keluar masuknya pasokan bahan bakar yang akan diproses sampai menghasilkan
tenaga pada mesin motor kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat
sakti buat para tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika
salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya
jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi gw punya bocoran sedikit buat
lo bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap
liar,moga-moga bocoran gw ini bisa lo terapin ama tunggangan lo,sebelum lo korek
NOKEN AS,lo harus paham dulu apa aja yang harus lo perhatiin.
Pertama –tama lo ukur camp
standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya
SIKMAT,trus lo catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau
untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup
mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini lo bro
jangan salah tanggap jangan lo pikir kalo lo udah pangkas CAMP nya motor lo
langsung ngacir,lo harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor lo karna CAMP yang
dah lo ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS
KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI
menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna dengan
mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar
dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan
motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER
(PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari
dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian
hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat.
0 Response to "TIPS MOTOR BIAR LARI CEPET"
Posting Komentar